Mengenal Level atau Tingkatan dari Produk yang ditawarkan ke Konsumen

       contoh produk yang ditawarkan ke pasar

       produk yang ditawarkan ke pasar

Dalam merencanakan tawaran pasarnya, pemasar perlu memikirkan secara mendalam tingkat dari produk yang akan ditawarkannya.Kita dapat mendefinikan lima tingkat dari produk. Masing-masing tingkat menambahkan lebih banyak nilai pelanggan, dan kelimanya membentuk hierarki nilai pelanggan. Pemasar harus memandang dirinya sebagai penyedia manfaat. Berikut adalah kelima tingkat produk tersebut:

  1. Manfaat inti (core benefit),  layanan atau manfaat mendasar yang sesungguhnya dibeli pelanggan. Seorang tamu hotel “istirahat dan tidur”. Pembeli bor membeli “lubang”.
  2. Produk Dasar (generic product), pada tingkat ini, pemasar harus mengubah manfaat inti tersebut menjadi produk dasar. Dengan demikian, kamar hotel meliputi tempat tidur, kamar mandi, meja tulis, meja rias, dan lemari pakaian.
  3. Produk yang diharapkan (Expected Product), yaitu beberapa atribut dan kondisi yang biasanya diharapkan pembeli ketika mereka membeli produk ini. Tamu hotel mengharapkan tempat tidur yang bersih, handuk yang bersih, lampu baca, dan kadar ketenangan tertentu.
  4. Produk yang ditingkatkan (Augmented Product), yaitu dengan penambahan beberapa atribut dan manfaat, misalnya hotel juga menyediakan pendingin AC, TV dan fasilitas mandi air hangat atau dingin.
  5. Produk Potensial (Potential Product), Selain kelengkapan yang disediakan di tingkat sebelumnya, pada tingkat ini juga diberikan layanan lain yang sekiranya dimasa depan akan menjadi suatu pengalaman yang luar biasa. Misalnya pada kasus hotel, juga disediakan layanan Spa, latihan fitnes dengan tenaga ahli, rekreasi taman laut.

sameyadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *