Tip: Hal apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan topik penelitian skripsi, tesis atau desertasi

sukses skripsi tesis, desertasi

Hal hal apa saja yang sebaiknya perlu diperhatikan ketika akan melakukan suatu riset atau penelitian untuk skripsi, tesis atau desertasi. Pada dasarnya ada dua faktor yang perlu dijadikan sebagai patokan dasar dalam merencanakan penelitian skripsi, tesis atau desertasi yaitu faktor Kapabilitas (Capability) dan Faktor Kepatutan (approriateness)

 A. Faktor Kapabilitas, mencakup:

  1. Topik yang dipilih apakah topik yang menarik untuk anda teliti. Topik yang dipilih sebaiknya adalah topik menarik untuk anda atau yang sekiranya berkaitan dengan bidang pekerjaan yang ingin anda harapkan di masa depan. Karena umumnya pekerjaan riset membutuhkan waktu yang cukup lama , biasanya berkisar 6 bulan-an atau lebih, sehingga perlu topik yang menarik untuk anda agar anda tidak mudah jenuh.
  2. Kemampuan financial. Pilihlah riset yang sesuai dengan kemampuan financial, karena seringkali dalam pekerjaan riset membutuhkan penggunaan peralatan yang harganya cukup mahal, melakukan traveling keluar daerah, penggunaan sampel yang memerlukan biaya.
  3. Batasan waktu dalam melakukan penelitian. Mungkin saja topik yang anda pilih sangat menarik buat anda, dan anda juga tidak ada masalah dari sisi financial, namun apabila riset tersebut memerlukan waktu yang cukup lama sampai bertahun-tahun tentunya itu bukan merupakan sesuatu yang baik karena anda dibatasi oleh waktu untuk bisa segera lulus dari sekolah anda.
  4. Kemudahan dalam mengakses data penelitian. Pililah riset yang sekiranya anda memiliki kemampuan dalam mengakses data
  5. Kemampuan dalam penguasaan konsep atau teori yang berhubungan dengan topik yang akan anda teliti. Pilihlah riset yang anda kuasai secara teori, Tidak lucu apabila anda melakukan suatu riset yang anda sendiri tidak memahami konsep dasar yang melandasi riset tersebut, sehingga bukan saja bisa mengakibatkan kesalahan dalam membuat hipotesis, tapi juga bisa mengakibatkan kesalahan dalam interpretasi dan kesimpulan.

 B. Faktor Kepatutan (Appropiateness)

  1. Apakah riset yang anda akan lakukan tersebut tidak melanggar dengan aturan yang berlaku dengan institusi anda, misalnya institusi tersebut mengharuskan mahasiswanya untuk melakukan riset kuantitatif yang mensaratkan adanya hipotesis penelitian, tapi anda malah melakukan riset kualitatif, yang hanya melakukan studi literatur saja.
  2. Apakah topik riset yang anda lakukan mempunyai landasan teori yang jelas
  3. Anda harus mampu menentukan pertanyaan dan tujuan dari riset yang akan anda lakukan secara jelas .
  4. Kalau memungkinkan, sebaiknya topik yang anda pilih adalah sesuatu yang bersifat fres dan sedang hangat diperbincangkan.
  5. Apakah topik penelitian yang anda pilih tersebut memiliki nilai manfaat bagi kehidupan manusia, dan lingkungan.
  6. Jauh lebih baik lagi, apabila topik penelitian yang anda pilih berkaitan dengan pilihan karir yang anda inginkan dimasa depan.

sameyadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *