Meringkas Data Kualitatif

Data kualitatif banyak kita jumpai dalam olah data ststistik. Meringkas data kualitatif adalah sesuatu yang banyak kita lakukan ketika kita ingin menyajikan data ke dalam bentuk informasi yang kita inginkan. Teknik  yang kita akan bahas dalam meringkas data kualitatif untuk saat ini adalah dengan menggunakan  tabel frekuensi. Tabel frekuensi menyediakan jumlah dan persentase untuk data kualitatif dengan kelas. Kelas A adalah salah satu kategori di mana data kualitatif dapat diklasifikasikan. Frekuensi kelas adalah jumlah observasi dalam kumpulan data jatuh ke kelas tertentu. Akhirnya, frekuensi relatif kelas adalah frekuensi kelas dibagi dengan jumlah total pengamatan dalam kumpulan data.

Kita bisa menggambarkan tabel frekuensi dengan menggunakan contoh sederhana dari suatu kumpulan data yang terdiri dari tiga kualitatif  variabel: jenis kelamin, negara, dan tingkat pendidikannya

  • Variabel Gender, yaitu laki-laki atau perempuan.
  • Variabel keadaan (misalnya Jakarta, Surabaya), misal tempat tinggalnya saat ini
  • Variabel tingkat pendidikan.

Misalnya tabel dibawah ini menggambarkan tentang 20 pemilik perusahaan kecil yang sukses.

ID Kelamin Kota Pendidikan Terakhir
1 Laki-laki Jakarta Sarjana Hukum
2 Laki-laki Surabaya Sarjana Hukum
3 Laki-laki Solo PhD
4 Wanita Semarang Diploma
5 Wanita Jakarta MM
6 Laki-laki Surabaya STP
7 Laki-laki Serang ST
8 Wanita Bogor MM
9 Wanita Bogor MM
10 Wanita Surabaya ST
11 Wanita Jakarta ST
12 Laki-laki Solo ST
13 Laki-laki Bali MM
14 Laki-laki Bali MM
15 Laki-laki Lombok MM
16 Wanita makasar MM
17 Wanita Serang PhD
18 Wanita Surabaya PhD
19 Wanita Surabaya Sarjana Hukum
20 Laki-laki Jakarta Sarjana Hukum
Kelas Frekwensi Frekwensi Relatif (%)
STP 1 5
Diploma 1 5
Sarjana Hukum 4 20
MM 7 35
ST 4 20
PhD 3 15
Total 20 100

Tabel  kedua  merangkum data dari variabel “Tingkat Pendidikan”.  Kolom pertama menunjukkan tingkat pendidikannya . Kolom kedua dan ketiga menunjukkan frekuensi dan frekuensi relatif, masing-masing untuk setiap kelas. Untuk set data ini, gelar MM adalah Gelar paling banyak yaitu  diwakili oleh 7 orang yang bergelar MM. Terakhir, kolom ketiga menunjukkan frekuensi relatif, atau persentase orang dengan gelar itu. MM memiliki 35%. Tabel frekuensi merangkum data sehingga kita dapat lebih memahami kumpulan data tanpa harus melihat setiap record. sebagian besar pemilik usaha kecil tersebut memiliki gelar MM dan gelar pendidikan yang memiliki tingkat derajat  yang tidak jauh berbeda dari gelar MM. Sekitar 15% dari pemilik usaha kecil memiliki gelar yang lebih tinggi.

sameyadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *