Pengumpulan data penelitian dengan metode survey

Ada beberapa metode dalam pengumpulan data diantaranya adalah metode survey, fokus grup, dan wawancara mendalam. Nah saat ini kita akan membahas tentang metode pengumpulan data dengan survey.

Survey: Sebuah metode pengumpulan data dari sekelompok individu yang sering dilakukan melalui telepon, surat web, dan atau berbasis kuesioner.

Penggunaan survey ini banyak dilakukan di berbagai belahan dunia untuk memahami suatu opini, perilaku dari suatu masyarakat.  Misalnya di negara Amerika, berdasarkan hasil  survey dapat diketahui bahwa masyarakat Amerika kini telah beralih dari masyarakat industri menjadi masyarakat informasi. Artinya  adalah bahwa perekonomiannya sekarang sudah beralih fokusnya dari yang awalnya berfokus pada produksi barang-barang sekarang lebih berfokus pada informasi pasar tentang  perilaku konsumen atau  masyarakat, dan apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan  mereka. Dimana dahulu  produsen mobil di Amerika Serikat menfokuskan pada bagaimana memproduksi mobil secara masal agar biayanya efisien, sekarang mereka lebih menfokuskan pada usaha untuk mencari informasi tentang  kebiasaan membeli dari konsumen mobilt,  memahami jenis mobil apa yang mereka paling mungkin untuk dibeli konsumen masyarakat. Informasi tentang kebiasaan belanja masyarakat dan kecenderungan pribadi. Hal-hal tersebut lebih dihargai dalam era perekonomian saat ini. Karena ketergantungannya pada informasi-informasi tersebut, metode survey  menjadi metode yang penting pada masa kini.

Bahkan karena pentingnya data hasil survey ini pemerintah AS mensponsori penyediaan data-data hasil survei yang telah mereka lakukan di Websitewww.data.gov yang diperuntukan untuk masyarakat yang berkepentingan dengan data tersebut . Selain pemerintah , ada juga individu atau lembaga non pemerintah  yang bersedia mensharing  data-data dari  hasil  penelitiannya untuk kepentingan masyarakat umum.

Sebagaimana dinyatakan di atas, set data yang ada, bisa berasal dari survei yang disponsori pemerintah atau non pemerintah. Sumber Data ini dikenal sebagai sumber data sekunder . Manfaat menggunakan Sumber data sekunder adalah murah dan  mudah karena sebagian besar pekerjaan pengumpulan dan pengolahan data telah dilakukan oleh orang lain . Kelemahannya  adalah bahwa data-data tersebut mungkin belum mampu  secara langsung menjawab pertanyaan dari  penelitian yang yang saat ini sedang atau mau dilakukan.

Selain metode survey, sebenarnya kelompok fokus  (focus group) dan wawancara mendalam secara  pribadi juga merupakan sumber  yang sangat baik untuk mengumpulkan data penelitian. Masing masing memiliki sumber data yang berbeda serta  memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Wawancara pribadi adalah metode lain dalam pengumpulan data . Wawancara pribadi melibatkan satu orang yang langsung mewawancarai orang lain. Mereka terutama digunakan ketika subjek tidak memungkinkan  untuk menggunakan metode survei lainnya seperti survei online. Keuntungan dari wawancara pribadi adalah mendalam dan sangat komprehensif . Artinya , pewawancara memiliki kemampuan untuk menyelidiki responden dengan lebih detail, yang diperlukan untuk sepenuhnya menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Selain itu, wawancara pribadi memiliki tingkat respon yang sangat tinggi .

Kelemahan dari wawancara pribadi adalah umumnya memiliki biaya yang  besar dibandingkan dengan metode survei lainnya . Selain itu, dapat memakan waktu, sehingga karena masalah persyaratan waktu inilah  wawancara pribadi , biasanya memiliki  ukuran sampel dan  pengumpulan data yang kecil .

Selain metode pengumpulan data , fokus Grup  adalah teknik penelitian yang sering digunakan untuk mengeksplorasi ide-ide dari masyarakat dan sikapnya  terhadap suatu item yang menarik . Fokus grup sering digunakan untuk menguji pendekatan suatu produk baru, karena dapat mengamati secara real time pikiran calon pelanggan pada produk baru tersebut. Sebuah fokus grup biasanya dilakukan oleh moderator , yang memimpin diskusi dengan grupnya. Diskusi sering diamati oleh pihak luar yang mencatat reaksi dari kelompok terhadap produk. Keuntungan dari fokus grup adalah peneliti dapat mengumpulkan data tentang suatu peristiwa yang belum terjadi, seperti produk baru atau potensi kampanye iklan baru . Kerugian dari fokus grup adalah grup mungkin tidak mewakili populasi dan isu ukuran sampel yang kecil, oleh karena itu generalisasi dari kesimpulan dari fokus grup untuk populasi yang lebih besar bisa tidak valid . Tapi karena Tujuan melakukan fokus grup jarang untuk melakukan analisis statistik yang valid , maka fokus grup  dapat berguna untuk mendapatkan informasi atau untuk mengetahui reaksi awal konsumen terhadap  suatu produk baru.

Metode survey dengan kuesioner
Cara utama untuk mengumpulkan data adalah melalui survei berbasis kuesioner , diberikan baik melalui mail, telepon atau lebih sering pada masa sekarang ini ,  melalui internet . Dalam survei berbasis kuesioner , peneliti mendistribusikan kuesioner kepada sekelompok orang dan kemudian menunggu tanggapannya sehingga peneliti selanjutnya dapat menganalisis data. Ada beberapa keuntungan melakukan survei . Yang pertama adalah kuesioner adalah salah satu cara mengumpulkan banyak informasi dengan biaya yang efektif  . Kuesioner juga dapat mencakup luas wilayah geografis , sehingga meningkatkan kemungkinan memiliki sampel yang representatif dari populasi . Kerugian utama dari survei mail / internet adalah bahwa tingginya sikap tidak respon dari responden  . Juga, sedikitnya  atau bahkan  tidak ada kesempatan untuk mengajukan pertanyaan tindak lanjut .

Ada beberapa prinsip utama yang perlu diingat ketika mengembangkan kuesioner. Yang pertama adalah  mendefinisikan tujuan dari penelitian secara jelas, sebelum survey dilakukan perlu mengemukakan alasan mengapa survey ini perlu dilakukan dan menulis pertanyaan yang berkontribusi terhadap  pencapaian tujuan tersebut. Kedua, tingkat respons sering dimaksimalkan dengan menjaga kuesioner sesingkat mungkin. Oleh karena itu, hanya mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan studi  saja dan menghindari pertanyaan yang hanya “sekedar  untuk diketahui”. Hal ini juga membantu untuk merumuskan rencana analisis penelitian(misalnya bagaimana kita berencana untuk menganalisis data) sebelum menulis kuesioner. Hal ini akan membantu kita untuk menjaga tujuan penelitian dalam pikiran saat kita  bergerak mulai menulis kuesioner.

Untuk membangun sebuah kuesioner yang baik, ada beberapa elemen untuk menulis baik suatu pertanyaan. Pertama dan terpenting, pertanyaan yang bagus, jelas tertulis dan dapat membangkitkan respon yang akurat jujur​​. Pertanyaan  satu dimensi, pertanyaan yang hanya mencakup satu topik, sangat cocok untuk melakukan hal ini. Misal contoh berikut:

Apa jenis komputer yang Anda miliki?

  1. A) Macintosh
  2. B) PC

Sepintas ini mungkin tampak seperti pertanyaan yang bagus. Ini hanya mencakup satu topik dan peluang yang baik bahwa responder tidak akan bingung ketika membacanya. Kesalahan utama untuk pertanyaan ini adalah bahwa hal itu tidak mencakup semua respon yang memungkinkan. Bagaimana jika responden tidak memiliki komputer? Tidak ada pilihan untuk melaporkan respon pertanyaan jika ternyata jawaban responden bukan kedua jawaban yang disebutkan dalam pertanyaan kuesioner tersebut . Oleh karena itu, pertanyaan yang lebih baik mungkin:

Apa jenis komputer yang Anda miliki?

  1. A) Macintosh
  2. B) PC
  3. C) Tidak keduanya

sameyadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *