Pentingnya meringkas data untuk menyajikan informasi yang lebih mudah dipahami

Populasi bisa sangat besar dan data yang dapat kumpulkan  bisa  lebih besar daripada jumlah populasi itu sendiri karena jumlah variabel yang kita kumpulkan pada setiap anggota populasinya. Sebagai contoh , biro kredit mengumpulkan data kredit tentang setiap orang yang memenuhi syarat kredit di Amerika Serikat . Sebuahperusahaan  belanja online seperti Amazon.com , mengumpulkan data tidak hanya setiap pembelian yang konsumen lakukan , tetapi setiap produk yang telah di klik . Kemampuan untuk mengumpulkan sejumlah besar data adalah suatu hal yang besar bagi individu yang ingin menggunakan data tersebut misalnya untuk keperluan dalam  menjalankan bisnis atau studi kebijakan mereka. Mereka memiliki informasi lebih lanjut yang dapat digunakan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan. Namun, tidak mungkin bagi sebagian besar manusia untuk dapat mencernanya secara mikro . seringkali lebih mudah  untuk melihat gambaran secara  besar  daripada melihat setiap elemen data yang kumpulkan.

Statistik dapat membantu pengambil keputusan dengan meringkas data. Data dapat diringkas diantaranya adalah dengan menggunakan metode grafik dan atau tabel. Ada beberapa jenis grafik, diantaranya adalah grafik kue (pie chart), grafik batang, grafik histogram, dll.

Teknik Grafik Untuk menjelaskan Data

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa salah satu jenis grafik bisa  digambarkan dalam bentuk pie chart (grafik kue). Sebuah pie chart berguna untuk menunjukkan bagian-bagian dari elemen seluruh data dalam suatu set data. Pie chart adalah bagan lingkaran yang dibagi menjadi potongan-potongan yang berbeda yang merupakan proporsi dari keseluruhan dari tingkat kelas

grafik1

Pie chart memberikan informasi yang sama banyak dengan grafik frekuensi, tergantung kenyamanan dari peneliti dalam melihat data di grafik. Berdasar pie chart diatas, jelas MM adalah yang paling mewakili. Bahkan tanpa label, akan mudah untuk melihat bahwa gelar MM adalah yang paling terwakili dalam data, sehingga kita tetapkankan MM sebagai potongan terbesar dari kue (pie).

Frekwensi Histogram

Jenis terakhir dari grafik yang akan kita lihat selanjutnya adalah histogram frekuensi. histogram pictorially mewakili frekuensi sebenarnya dari kelas yang berbeda. Frekuensi histogram untuk variabel “Tingkat pendidikan” ditampilkan di bawah.

grafik2

Pada histogram frekuensi, setiap batang mewakili frekuensi untuk setiap tingkat kelas. Grafik digunakan untuk membandingkan frekuensi baku dari setiap tingkat. Sekali lagi, mudah untuk melihat bahwa MM mendominasi, tapi yang lain (PhD, SH, dan ST) memiliki tingkat derajat yang hampir sama.

sameyadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *