Probabilitas sebagai landasan dasar statistik inferensia

Landasan untuk statistik inferensial adalah probabilitas. Tanpa memahami konsep dari probabilitas, apa yang kita lakukan dalam statistik inferensial tidak akan memiliki arti apapun. Dengan demikian, bab ini memperkenalkan beberapa konsep yang berkaitan dengan probabilitas..

Probabilitas ialah suatu nilai yang digunakan untuk mengukur tingkat terjadinya suatu kejadian yang acak. Dengan kata lain, probabilitas adalah kemungkinan bahwa sesuatu akan terjadi. Probabilitas sering dinyatakan dalam format persentase. Misal Anda mendapat informasi  bahwa hari ini 65% kemungkinan akan hujan, yang berarti Anda mungkin harus mempersiapkan  payung ketika hendak bepergian keluar rumah Anda.

definisi

Sebuah percobaan statistik adalah tindakan atau proses observasi yang mengarah ke hasil yang tunggal yang tidak dapat diprediksi dengan pasti.

Sebuah percobaan statistik mirip dengan jenis lain dari percobaan yang ada dalam biologi, bisnis, atau engineering. Anda memiliki hipotesis ketika  ingin menguji suatu dugaan dan Anda tidak tahu apa hasil dari Percobaan yang akan dilakukan tersebut.

Sebuah percobaan statistik terdiri dari proses pengamatan yang mengarah pada satu hasil. Hasil ini adalah dikenal sebagai kejadian sederhana. kejadian sederhana adalah hasil yang paling dasar dari percobaan apapun dan tidak bisa didekomposisi menjadi hasil yang lebih mendasar.

Latihan: Daftar peristiwa sederhana yang terkait dengan masing-masing percobaan berikut:

1) Pelemparan satu uang koin dan mengamati permukaan mana yang muncul (angka atau gambar).

2) Pelemparan dadu dan mengamati permukaan mana yang muncul (angka 1,2,3,4,5 atau 6).

3) Pelemparan dua uang  koin dan menghitung jumlah permukaan angka yang muncul.

4) Apakah seseorang konsumen langsung merespon pada  iklan pemasar atau tidak?

Jika hasil dari eksperimen statistik adalah salah satu dari beberapa kemungkinan suatu kejadian sederhana terjadi, maka koleksi dari semua kejadian sederhana dikenal sebagai ruang sampel. Jadi Kejadian adalah suatu himpunan bagian dari ruang contoh

sameyadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *