3 kriteria yang dijadikan dasar dalam merekrut karyawan

Setiap perekrut biasanya memiliki kriteria tertentu dalam merekrut karyawan, namun umumnya dalam merekrut orang lain, perekrut selalu ingin mendapatkan orang yang menyerupai dirinya, baik pandangan, pendapat, maupun style-nya. Bukan hanya karena dia menganggap apa yang ada dalam dirinya sebagai profil pribadi yang sukses namun juga karena manusia selalu menginginkan rasa aman dan nyaman maka dia akan memilih orang lain yang dianggap cocok dengan dirinya. Manusia tidak suka dengan sesuatu yang tidak jelas, manusiawi apabila perekrut akan memilih karyawan yang sudah dikenalnya sendiri ataupun berdasarkan berdasarkan referensi  yang dipercaya.  Itulah sebabnya surat referensi dari perusahaan terpercaya akan memiliki nilai lebih. Lantas bagaimana kalau kita belum dikenal atau tidak memiliki surat referensi dari perusahaan yang bonafide ? Menurut saya no problem, selama mampu meyakinkan si perekrut bahwa kita adalah orang yang cocok dan mampu bekerja di perusahaan tersebut.

Bagi pelamar pekerjaan selain berdoa dengan yakin ada beberapa hal yang mungkin perlu diperhatikan ketika kita melamar suatu pekerjaan. Hal-hal ini perlu kita tunjukan baik dimulai dari tahapan menulis surat lamaran maupun dalam tahap wawancara, diantaranya yaitu:

  • Appearance, artinya penampilannya mesti rapi sehingga enak di pandang. Dalam penulisan surat lamaranpun kerapian dan format tulisan menjadi sesuatu yang perlu diperhatikan
  • Attitude, artinya orang yang bersangkutan harus punya sikap yang baik, sopan, santun, berbagai sikap positif lainnya yang biasanya¬† diperlukan dalam perusahaan misal semangat, sikap rendah hati, tabah dll. Hal-hal tersebut perlu kita tunjukan baik dalam surat lamaran maupun saat kita berada di tahap wawancara. Dalam surat lamaran perlu kita cantumkam beberapa attitude yang kita miliki yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
  • Abbility, artinya dia harus memiliki kemampuan intelektual yang baik, terampil dalam bidangnya tentunya yang relevan dengan bidang pekerjaan yang kita lamar, mampu berkomunikasi dengan baik, yang perlu kita sebutkan dalam surat lamaran kita.

sameyadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *