Contoh penyelesaian soal uji hipotesis satu sampel dengan z-test dengan Microsoft Excell

Soal:

Data nilai mata ekonomi mahasiswa semester akhir Fakultas ekonomi adalah sebagai berikut (Silahkan klik pada gambar untuk memperbesar):

data soal uji hipotesis satu sampel

Dari hasil penelitian sebelumnya diketahui bahwa rata-rata nilai ekonomi mahasiswa untuk seluruh mahasiswa di universitas tersebut adalah 83.7 dengan deviasi standar 9.06. Dari hasil tersebut ujilah apakah benar pernyataan bahwa rata-rata nilai ekonomi mahasiswa adalah 83.7?

Jawab:

Membuka program aplikasi excell, lalu masukan data tersebut di worksheet excell

tahap 1 penyelesaian uji hipotesis satu sampel

Membuka menu formula untuk menggunakan fungsi yaitu dengan memilih fungsi statistik lalu memilih ztest

tahap 2 penyelesaian uji hipotesis satu sampel

Lalu mengisi form yang muncul, isi pada kolom Array dengan kumpulan data yang akan diolah dalam hal ini adalah nilai ekonomi mahasiswa, isi kolom X dengan nilai rata-rata populasi, dan isi nilai sigma dengan nilai standar deviasi dari populasinya. Setelah itu nilai P untuk Z-test nya akan muncul. Dalam contoh ini nilainya adalah 0,5965

tahap 3 penyelesaian uji hipotesis satu sampel

Kesimpulan:

Nilai p ini berdasarkan uji one tailed (satu sisi).  Kalau kita menginginkan nilai p pada uji two tailed (dua sisi) maka bisa di hitung dengan  rumus 2 x (1-ztest), sehingga untuk kasus diatas nilai p pada uji two tailed nya adalah 2 x (1-0,5965)= 0,807. Nilai p yang diperoleh ini jauh lebih besar dibandingkan nilai alpha nya (0,025) sehingga kita menyimpulkan untuk menerima Hipotesis Null, atau kita menyimpulkan bahwa rata-rata nilai ekonomi mahasiswa tingkat akhir tidak berbeda dengan rata-rata nilai ekonomi semua mahasiswa di Universitas tersebut.

sameyadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *