Logika sederhana untuk memahami tentang Repeat atau Within Anova

Desain Anova Between-subyek dapat sangat berguna dalam banyak situasi penelitian, terutama kemudahannya dalam menguji banyak kasus di berbagai kondisi, hanya saja pada Anova between subyek pengaruh dari Random eror lebih besar dibandingkan pada Anova Within Subyek.

Random eror atau Kesalahan acak menyebabkan masalah pada between-subyek, yaitu bahwa rata-rata dari hasil yang diperoleh dapat sangat dipengaruhi oleh faktor kebetulan yang disebabkan karena adanya perbedaan dari grup subyek yang diuji dalam kondisi yang berbeda.

Misalnya ketika anda akan menguji apakah kinerja motorik seseorang dipengaruhi oleh vitalitas tubuh. Pada percobaan tersebut anda menguji seseorang untuk memasukan bola basket kedalam ring basket dalam kondisi kurang tidur vs tidur normal. Anda menguji kinerja motorik subyek ‘dengan meminta mereka mencoba untuk melemparkan bola basket melalui ring bola basket. Percobaan di bagi menjadi 2 grup, yaitu satu grup melakukan tugas setelah tidur malam yang baik; yang lain setelah terjaga selama 24 jam tanpa tidur atau sedikit tidur. Anda secara acak memilih 10 orang dan secara acak menetapkan lima pada masing-masing kelompok. Namun ternyata tanpa sengaja, anda memilih dan menugaskan lima anggota dari tim basket perguruan tinggi dalam satu kelompok (pebasket professional)dan kelompok lainnya terdiri dari lima orang yang tidak terbiasa dengan basket (pebasket amatir). Memang, ini merupakan kejadian yang hampir tidak mungkin, tetapi dengan pilihan acak, setiap pola yang diberikan secara logis mungkin saja bisa terjadi.

Jika Anda kebetulan menempatkan pemain basket dalam grup kondisi tidur tidak normal dan orang-orang yang awam dalam basket dalam kondisi tidur normal, maka data Anda mungkin akan menunjukkan bahwa kurang tidur tidak mempengaruhi kinerja motorik secara signifikan atau bahkan kesimpulannya bisa menjadi kelompok kurang tidur lebih baik secara signifikan dibanding kelompok yang tidur normal. Sebaliknya lagi, jika Anda kebetulan menempatkan pemain basket dalam kondisi tidur normal dan orang yang awam dalam basket dalam kondisi beristirahat, data Anda mungkin menunjukkan bahwa kelompok tidur normal sangat terlalu signifikan, jauh melebihi nilai yang sebenarnya. Tentu saja kesimpulan tersebut merupakan kesimpulan yang salah dan menyesatkan.

Pada Within atau Repeat Anova, kesalahan tersebut dapat dihindari karena masing masing orang yang menjadi subyek penelitian akan diberi kedua perlakuan yaitu masing-masing akan di uji pada kondisi tidur normal dan kondisi tidur tidak normal.

Sehingga kita dapat mengatakan bahwa tingkat kepercayaan terhadap hasil dari repeat anova lebih baik jika dibandingkan dengan hasil dari between anova.

Tutorial Cara Penyelesaian Soal mix anova (between dan repeat Anova)

sameyadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *