Berbagai nilai dari koefisien korelasi

Nilai koefisien korelasi berkisar antara minus satu (-1) sampai plus satu (1). Koefisien minus menunjukan hubungan yang terbalik atau pengaruh yang terjadi adalah pengaruh negatif. Artinya kenaikan suatu variabel akan menyebabkan penurunan suatu variabel,demikian juga sebaliknya penurunan suatu variabel akan menyebabkan kenaikan variabel yang lain.

hubungan negatif variabel

Dari gambar tersebut terlihat bahwa dengan penurunan variabel A menyebabkan kenaikan variabel B, demikian juga sebaliknya penurunan variabel B menyebabkan kenaikan variabel A.

Koefisien korelasi positif menunjukan hubungan positif atau hubungan yang searah dari dua variabel. Kenaikan suatu variabel akan menyebabkan kenaikan variabel yang lain demikian juga dengan terjadinya penurunan variabel maka akan menyebabkan penurunan pada variabel lainnya.

hubungan positif variabel

Pada gambar tersebut terlihat bahwa kenaikan variabel a maka menyebabkan kenaikan variabel B, demikian juga dengan adanya penurunan variabel A maka menyebabkan penurunan variabel B.

Koefisien korelasi nol adalah koefisien yang menunjukan bahwa tidak ada hubungan antara dua variabel. Kenaikan atau penurunan suatu variabel tidak dipengaruhi atau mempengaruhi variabel lainnya.

koefisien korelasi nol

Dari gambar tersebut terlihat bahwa variabel A tidak dipengaruhi oleh variabel B. Variabel B meningkat namun variabel a tetap karena keduanya tidak saling mempengaruhi.

sameyadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *