Perbedaan antara korelasi dengan regresi

Korelasi adalah suatu teknik analisis statistik untuk mengetahui hubungan suatu variabel (kejadian) dengan variabel lainnya (kejadian lainnya).

Sudah umum diketahui bahwa di dunia ini banyak sekali kejadian yang saling berhubungan atau  memiliki hubungan sebab akibat. Kejadian A menyebabkan kejadian B dan seterusnya. Misalnya dengan semakin bertambahnya jumlah  lapangan pekerjaan maka akan menyebabkan berkurangnya tingkat pengangguran sehingga angka kemiskinan menjadi berkurang akibatnya konsumsi masyarakat akan meningkat dan menyebabkan  peningkatan pertumbuhan ekonomi di negara tersebut.

Ukuran dari analisis korelasi ini yang menunjukan seberapa kuat hubungan antar variabel adalah koefisien korelasi atau rho yang disimbolkan dengan tanda r.

Regresi adalah suatu analisis yang digunakan untuk mengetahui pengaruh dari suatu variabel dengan variabel lainnya. Hasil dari analisis regresi adalah suatu persamaan regresi yang merupakan fungsi prediksi atau peramalan suatu variabel dengan menggunakan variabel yang lain. Dengan analisis ini, kita dapat memprediksi perilaku dari variabel dependen dengan menggunakan data variabel independen. Bentuk umum dari persamaan regresi adalah :

persamaan regresi sederhana

 

Dimana:

Y : nilai variabel dependen

a : Konstanta

b : koefisien regresi

X : nilai dari variabel independen

Berdasarkan persamaan regresi sederhana tersebut kita dapat memprediksi nilai Y jika nilai X diketahui.

sameyadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *