Aktivitas Antioksidan dan kandungan Vitamin A Limbah Serabut Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jack)

Lia Kusmita, Jimmy Hindarto dan Leenawaty Limantara (Fak. Sains dan Matematika, Univ. Kristen Satya Wacana)

Abstrak

Serabut kelapa sawit merupakan salah satu limbah terbesar pada industri kelapa sawit. Selama ini, pemanfaatan limbah tersebut telah digunakan sebagai bahan bakar, sedangkan potensinya sebagai antioksidan dan sumber vitamin A belum banyak dilakukan. Penelitian terhadap limbah serabut kelapa sawit dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui aktivitas antioksidan dan kandungan vitamin A pada ekstrak kasar limbah serabut kelapa sawit. Pengukuran aktivitas antioksidan dilakukan dengan metode DPPH menggunakan spektroskopi UV-tampak Shimadzu 1240 pada panjang gelombang 517 nm, sedangkan kandungan total vitamin A dihitung menggunakan rumusan NAS-NRC (1974).

Hasil penelitian menunjukan bahwa ekstrak kasar limbah serabut kelapa sawit memiliki aktivitas antioksidan sebesar 437,52±1,56 ppm, sedangkan kandungan vitamin A per kilogram limbah serabut adalah 3840 RE. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa limbah serabut kelapa sawit masih memiliki potensi sebagai antioksidan dan sumber vitamin A.

sameyadi

2 Comments

  1. Saya tertarik membaca artikel aktivitas antioksidan dan kandungan karotenoid dari minyak serabut sawit ini. Saya sekarang juga sedang meneliti minyak serat sebagai sumber karotenoid.
    Mohon info dimana (jurnal apa) ditulis artikel ini, agar saya dapat menggunakan sebagai referensi.Terima kasih atas informasinya.

    • Sumber artikel itu berasal dari Panduan Program dan Abstrak SEMINAR NASIONAL PATPI, pada kategori kelompok Kimia dan Biokimia pangan. Seminar diselenggarakan di Fakultas Teknologi Pertanian UGM Yogyakarta pada tanggal 2-3 Agustus 2006. Terima Kasih sudah berkunjung di website ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *