Pengaruh Konsentrasi Etanol dan cara Pengeringan terhadap Aktivitas Antioksidan dan Kandungan Kurkuminoid Simplisia temulawak

Sri Anggrahini, R.R. Fitriana dan Umar Santoso

Abstrak

Temulawak (Curcuma xanthorrizha) merupakan salah satu jenis rempah-rempah sumber antioksidan alami dan mengandung senyawa kurkuminoid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi etanol dan cara pengeringan terhadap aktivitas antioksidan dan kandungan kurkuminoid simplisia temulawak.

Penelitian dilakukan dengan cara mengeringkan irisan temulawak di bawah sinar matahari, satu bagian dikeringkan secara langsung dan yang satu lagi ditutup kain hitam selama pengeringan. Simplisia temulawak yang dihasilkan digiling, kemudian diekstraksi dengan etanol pada berbagai konsentrasi (o,50, dan 95%). Ekstrak yang dihasilkan dianalisa aktivitas antioksidan dan kandungan kurkuminoidnya.

Hasil penelitian menunjukan bahwa semakin tinggi konsentrasi etanol aktivitas antioksidan dan kandungan kurkuminoid simplisia temulawak makin tinggi. Penutupan dengan kain hitam pada waktu pengeringan juga meningkatkan aktivitas antioksidan dan kandungan kurkuminoid simplisia temulawak.

sameyadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *