Peran statistik dalam pengembangan manajemen dan bisnis

Seiring dengan semakin banyak perusahaan yang men-global-kan kegiatan operasional dan pemasarannya serta karena adanya dukungan perkembangan teknologi komputer dan internet, menyebabkan tingkat persaingan usaha menjadi semakin sangat ketat. Para pelaku usaha dituntut keras untuk bertindak efisien, efektif, kreatidf dan inovatif untuk memenangkan persaingan bisnis. Akses untuk mendapatkan Informasi yang akurat dan cepat menjadi sesuatu yang penting untuk memenangkan pasar. Kebutuhan akan informasi yang cepat dan akurat tersebut menyebabkan peran analisis data menjadi sesuatu yang pokok dalam pengelolaan bisnis.

Berikut adalah beberapa peranan aplikasi statistik yang menunjang fungsi utama dari manajemen bisnis, diantaranya:

Perencanaan Strategi pemasaran bisnis

Ketika akan memasuki lingkungan bisnis, maka perlu memahami situasi dan kondisi lingkungan bisnis yang dihadapi, bagaimana tingkat persaingannya, segmen konsumen mana yang kita layani, seberapa jauh konsumen mengetahui produk yang kita tawarkan (jangan-jangan keberadaan produk kita belum diketahui kebanyakan konsumen), bagaimana persepsi konsumen terhadap produk kita, apakah mereka puas dengan layanan produk yang kita tawarkan, saluran pasar mana yang akan kita layani apakah cukup offline atau online saja atau perlu menggunakan keduanya, media apa yang kita pakai untuk melakukan penyampaian komunikasi nilai produk atau promosi produk yang kita tawarkan ke konsumen apakah melalui iklan koran atau majalah, iklan tv atau radio, iklan online, penggunaan papan reklame, penggunaan sosial media ataukah cukup dengan menggunakan website perusahaan. Analisis data statistik dapat membantu dalam menyediakan berbagai data dan informasi yang diperlukan oleh manajer untuk mengambil berbagai keputusan dalam bisnis, misalnya untuk mengetahui berbagai atribut produk yang diinginkan pasar kita dapat menggunakan teknik statistik analisis konjoin; statistik deskripsi dapat digunakan juga untuk mengetahui berapa jumlah konsumen yang sudah mengetahui dengan produk, jumlah konsumen yang puas dan tidak puas terhadap produk kita; anova dapat kita gunakan untuk mengetahui metode iklan mana yang paling efektif ; uji t dapat kita gunakan untuk menguji apakah program promosi yang kita lakukan memiliki dampak atau tidak terhadap nilai penjualan ; cluster analisis dapat kita gunakan untuk mengetahu profil segmen konsumen yang kita layani ; model persamaan struktural (SEM) untuk mengukur tingkat keberhasilan dari berbagai program pemasaran yang telah kita jalankan, dan lainnya.

Kegiatan Operasional

Agar dapat memenangkan persaingan pasar, Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memproduksi produk atau jasa yang berkualitas. Untuk menghasilkan produk yang berkualitas maka perlu menjaga proses manufakturing agar berjalan dengan baik dan sesuai dengan standar yang telah ditatapkan. Upaya untuk menjaga kualitas dari poses produksi adalah dengan menerapkan suatu teknik analisis statistik. Penerapan teknik statistik yang banyak digunakan untuk mengendalikan proses dalam operasi industri, salah satunya adalah dengan penggunaan SPC (Statistical Process Control). SPC telah banyak digunakan industri untuk membantu memperbaiki kualitas proses, mengurangi variabilitas dan menyelesaikan permasalahan-permasalahan dalam proses. SPC adalah sebuah teknik statistik yang digunakan secara luas untuk memastikan bahwa proses telah memenuhi standar yang telah ditetapkan. SPC digunakan untuk mengukur kinerja sebuah proses. Sebuah proses dinyatakan beroperasi dalam kendali statistik bila sumber variasi berasal hanya dari sumber yang alamiah. Variasi alamiah adalah sumber variasi yang terjadi dalam sebuah proses yang berada dalam kendali statistik. Variasi alamiah ini mengikuti distribusi normal, yang ditentukan oleh dua parameter yaitu nilai rata-rata (mean) yang cenderung terpusat dan standar deviasinya.

Selain variasi alamiah ada juga variasi yang disebabkan oleh faktor yang disebabkan variasi buatan (assignable variation). Faktor-faktor seperti penyetelan peralatan yang salah, penggunaan mesin, tenaga kerja yang lelah atau tidak terlatih, bahan baku yang diganti adalah contoh-contoh dari sumber variasi buatan yang potensial.

Seorang manajer produksi salah satu tugas utamanya adalah untuk memastikan bahwa proses mampu beroperasi dalam kendali manajemen dan hanya memiliki variasi alamiah, serta mampu mengindentifikasi dan menghilangkan variasi buatan sehingga menjamin proses untuk tetap dalam kendali.

Riset dan Pengembangan Desain Produk

Agar dapat terus eksis di pasar, maka kualitas produk harus terus menerus ditingkatkan. Perbaikan kualitas yang terus menerus menjadi suatu kebutuhan utama perusahaan untuk bersaing di pasar. Untuk meningkatkan desain produk yang berorientasi pasar, beberapa perusahaan biasanya mendirikan departemen RnD (Riset and Develeopment) sendiri. Perbaikan kualitas desain produk biasanya didasarkan pada persepsi konsumen atau tren pasar saat itu dan bisa berdasarkan peningkatan parameter nilai manufakturing seperti peningkatan kekuatan produk, peningkatan masa pakai produk dan lainnya. Teknik analisis yang biasanya digunakan diantaranya adalah analisis konjoin yang didasarkan pada persepsi konsumen, dan desain eksperimen taguchi atau pun metode statistik RSM (Respond Surface metodology) untuk memperbaiki kualitas produk berdasarkan parameter manufakturing.

sameyadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *