Bagaimana Pengaruh internet terhadap perkembangan bisnis masa kini

Internet telah mengubah cara pandang dalam bisnis. Jaringan internet yang menghubungkan miliyaran orang diseluruh pelosok bumi telah menjadikan suatu cara pandang baru dalam kehidupan. Setiap orang dapat berhubungan dengan siapa saja diseluruh dunia tanpa mengenal batas wilayah negara. Teknologi internet memungkinkan adanya integrasi sistem informasi dan komunikasi antar organisasi. Dalam bisnis pun internet telah mengubah konsep bisnis yang telah ada. Para konsumen diberikan kemudahan dalam mengakses informasi tentang produk, jasa, profil perusahaan. Mereka dapat membandingkan harga dan fitur suatu produk melalui berbagai website. Setiap orang dapat menjadi penjual dan pembeli tanpa terhambat oleh faktor geografis. Seorang penjual dari pelosok di daerah Jawa Barat dapat menjual produk tradisionalnya ke pembeli yang berada di kota New York Amerika tanpa harus bertemu di suatu tempat. Mereka cukup berhubungan melalui internet yang berada di rumahnya masing-masing.

Perusahaan besar seperti Dell menyediakan websitenya yang bisa di kunjungi oleh para pelanggannya. Pelanggan yang mengunjungi website tersebut dapat mengatur, memberikan harga dan memesan komputer dalam 24 jam per hari, 7 hari dalam seminggu. Mereka dapat mengetahui status pemesanananya dan informasi pengirimannya secara online.

Dengan adanya internet seseorang dapat bekerja hanya di rumah tanpa harus berangkat ke Kantor. Berbagai situs layanan yang menyediakan jasa kerja freelance misal diantaranya adalah www.freelancer.com, dan www.sribulancer.com .

Internet juga telah mengubah konsep perdagangan tradisional menjadi perdagangan elektronik atau e-commerce. E-commerce atau e- business adalah penggunaan jaringan komputer terutama internet untuk transaksi jual beli produk, jasa dan informasi. Dengan adanya e-commerce perdagangan menjadi semakin efisien, efektif dan berbiaya murah. Pengurangan biaya dilakukan dengan cara memperbaiki komunikasi dan membagikan informasi secara ekonomis berharga. E-commerce meningkatakan efisiensi ekonomi dengan memepertemukan pembeli dan penjual dengan tanpa adanya suatu penghalang.

Ada empat jenis klasifikasi dari e-commerce, yaitu:

  • B2B (Business to Business), Bisnis ke Bisnis. Artinya, kedua pihak yang melakukan transaksi adalah perusahaan, organisasi nirlaba atau Pemerintah
  • B2C, (Business to Consumer), Bisnis ke konsumen. Definisi ini berarti tranasaksi dilakukan oleh perusahaan kepada konsumen individu.
  • C2C, (Consumer to Consumer), Konsumen kepada konsumen. Artinya konsumen individu menjual langsung kepada konsumen individu lainnya melalui iklan online atau pu situs pelelangan seperti ebay dan lain-lain.
  • C2B, (Consumer to Business), Konsumen ke bisnis. Dalam ketogori ini individu menjual barang-barang atau produk dan jasa kepada perusahaan.

Dengan adanya e-commerce, perusahaan pun dapat memilih pemasok dari berbagai wilayah diseluruh dunia. Mereka dapat memilih bahan baku berkualitas dengan harga yang lebih murah. Berbagai situs yang menyediakan berbagai daftar pemasok dari Hongkong misalnya adalah www.hkdtc.com. Di Indonesia sendiri telah bermunculan berbagai situs perdagangan yang memiliki reputasi baik dan terpercaya seperti misalnya www.bukalapak.com , www.olx.co.id , www.tokopedia.com , dan lain-lain. Bahkan transportasi roda dua ojek pun kini sudah dilayani dengan teknologi internet. Go-jek, merupakan layanan transportasi yang berbasiskan internet online. Meskipun banyak ditentang oleh ojek tradisional maupun angkutan umum tradisional seperti taxi, nyatanya Go-jek banyak diterima oleh masyarakat konsumen di Indonesia sebagai salah satu alternative transportasi praktis, dianggap aman dan relative murah dan menjadi solusi untuk kemacetan di ibukota.

Salah satu dampak buruk dari penggunaan internet untuk bisnis adalah semakin maraknya prostitusi online dan judi online sebagaimana yang banyak diberitakan di media televisi, media berita online maupun koran. Bisnis prostitusi kini banyak yang menggunakan teknologi online, sehingga dapat menyasar konsumen secara pribadi karena pelanggan dapat bertransaksi tanpa harus mendatangi tempat prostitusi, hanya cukup melakukan komunikasi via internet atau handphone dan BBM.

sameyadi

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *