Beberapa upaya untuk sukses di pemasaran online.

Untuk dapat mencapai tujuan pemasaran dan mampu bersaing dengan kompetitor maka kita perlu melakukan beberapa upaya pemasaran. Sama dengan marketing tradisional, internet marketing juga memiliki beberapa upaya atau tindakan untuk mencapai tujuan dan memenangkan persaingan bisnis diantaranya seperti kegiatan periklanan, promosi, melakukan program hubungan masyarakat (Publik Relasi), dan melakukan kegiatan penjualan.

Program Periklanan

Periklanan adalah suatu proses untuk membuat konsumen atau pelanggan agar memiliki perhatian terhadap produk atau jasa yang kita tawarkan melalui suatu kegiatan komunikasi yang kreatif. Kegiatan advertising dapat memiliki beberapa tujuan diantaranya adalah agar konsumen mengetahui keberadaan produk atau jasa yang tawarkan, mendidik konsumen, serta menanamkan ingatan yang kuat dalam benak konsumen mengenai merek produk atau jasa yang kita tawarkan. Untuk pemasaran internet, hal pertama dan mendasar adalah dengan menemukan cara-cara kreatif untuk mendorong lalu lintas, atau pengunjung, ke website kita. Salah satu cara yang mudah, efektif namun memerlukan biaya adalah dengan melakukan iklan online. Iklan online ada banyak macam, diantaranya: iklan banner, iklan bayar perklik (PPC) , dengan menempatkan link website kita pada situs-situs lain dan banyak lagi. Biasanya iklan difokuskan pada satu produk dalam satu periode waktu atau satu segmen dari target pasar kita pada suatu waktu. Jadi, kita mungkin memerlukan beberapa kampanye iklan yang berbeda untuk membantu menghasilkan jumlah pelanggan dan penjualan yang dibutuhkan. Selain online, Iklan dapat dikombinasikan dengan iklan off-line, melalui pengiriman surat, katalog, pengiriman brosur, atau bahkan iklan melalui media TV, majalah dan koran, dan lainnya dengan mencantumkan alamat website kita, sehingga pelanggan dapat mempelajari lebih lanjut tentang produk atau informasi yang tercakup dalam website secara online. Iklan dapat juga kita gunakan untuk menginformasikan kepada pelanggan tentang adanya penawaran khusus, event atau program diskon dalam periode waktu yang ditentukan.

Melakukan Promosi

Promosi dapat dianggap sebagai cara untuk menjaga perusahaan, produk, atau layanan Anda di mata pelanggan. Dengan adanya promosi diharapkan dapat membantu meningkatkan jumlah permintaan terhadap produk yang kita tawarkan. Bentuk dari promosi mungkin bisa berupa iklan, publisitas, hubungan masyarakat, dan program penjualan. Beberapa promosi ini dapat dilakukan secara online melalui upaya penjualan, siaran pers, menawarkan produk informasi secara gratis, atau dengan email marketing, dan dapat juga dilakukan secara off-line. Setiap usaha yang kita buat di tujukan untuk memperbaiki atau meningkatkan citra organisasi, meningkatkan penjualan produk, atau hanya sekedar membuat konsumen agar menyadari akan keberadaan produk yang kita tawarkan.

Publik Relasi atau hubungan kemasyarakatan

PR, tujuan utamanya adalah untuk mengembangkan citra perusahaan dan merek sehingga hal itu dapat dirasakan juga oleh masyarakat dengan cara yang kita ingin rasakan. Misalnya, kita mungkin ingin perusahaan dilihat unggul di bidang tertentu, atau kita mungkin hanya ingin fokus pada menampilkan layanan kepada masyarakat bahwa perusahaan kita juga beroperasi di daerah tempat mereka tinggal.

PR biasanya mewakilkan perusahaan kita melalui media. Kita dapat menunjuk seseorang sebagai wakil perusahaan yang dipercaya untuk berbicara dengan pers yang mampu mewakili kepentingan dari perusahaan sehingga mampu memperkuat citra, selain itu dia harus mampu menggambarkan tentang perusahaan kepada khalayak masyarakat serta mampu menjawab berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan produk atau jasa. Departemen PR akan mengirim siaran pers, mengumumkan produk atau jasa baru, menjawab keluhan masyarakat atau konsumen. Departemen PR umumnya menjadi ‘wajah’ dari perusahaan kita kepada masyarakat umum. Untuk itu kita perlu mempertimbangkan beberapa bentuk teknologi di website, sehingga perusahaan dan pelanggan dapat berkomunikasi dengan baik.

Yang Terakhir adalah Melakukan Penjualan

Penjualan adalah ujung tombak dari pemasaran. Sales lah yang menjadi tujuan inti dari bisnis yang kita jalankan. Kegiatan ini adalah yang paling mudah untuk dipahami. Ini adalah tindakan mencari, menginformasikan, dan menyepakati hal pembelian dengan pelanggan kita. Sebelum era internet, ini akan terjadi dengan mencoba untuk mendorong pelanggan ke toko atau ke saluran telepon kita. Pada era internet, banyak orang akan melihat dan mencari informasi tentang produk secara online. Jadi dalam penjualan online, kita perlu untuk membantu pelanggan agar dapat menemukan website kita. Permasalahannya adalah Internet penuh dengan situs-situs lain, berteriak-teriak untuk mendapatkan perhatian pelanggan yang sama sehingga persaingan bisnis dalam dunia onlene menjadi sangat tinggi. Sehingga kita memerlukan berbagai cara kreatif untuk dapat menjual produk atau jasa yang kita tawarkan kepada konsumen.

Unsur produk yang menunjang kesuksesan online marketing

Tutorial SEO: Pengaruh kata kunci keyword terhadap jumlah pengunjung Web

sameyadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *