3 faktor yang diperlukan agar sukses memuaskan pelanggan

Ketika kita memasarkan suatu produk atau layanan, sebenarnya kita juga sedang memasarkan diri kita sendiri atau karyawan kita yang sedang melakukan layanan terhadap konsumen. Dalam era internet, dimana kita lebih banyak melayani konsumen yang sudah tersegmentasikan (niche market), keahlian dalam menawarkan produk dan melayani konsumen akan berdampak pada citra atau merek produk kita, sehingga kita dituntut untuk memiliki keahlian yang memadai dan kesabaran dalam melayani konsumen. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan agar dapat sukses dalam melayani konsumen :


• Pengetahuan

Ketika kita menghabiskan waktu untuk online, adakalanya kita mengunjungi beberapa situs yang kita kunjungi secara teratur, karena website tersebut menawarkan tingkat atau jenis informasi atau produk yang kita inginkan secara detail, lengkap dan up to date. Apabila demikian berarti sebenarnya kita telah menjadikan website tersebut sebagai sumber yang memiliki informasi yang bereputasi atau ahli yang handal, dimana mereka telah sukses menunjukkan pengetahuan mereka kepada Anda. Sekarang jika website tersebut merekomendasikan suatu produk baru yang kita harapkan, kemungkinan besar kita tidak akan merasa ragu untuk membeli produk baru tersebut dari website tadi daripada kita membelinya dari website yang tidak jelas bagi kita. Untuk alasan inilah, maka salah satu strategi pemasaran Internet adalah dengan membangun diri kita atau perusahaan menjadi sumber terpercaya bagi masyarakat konsumen, dengan informasi yang berharga.


• Layanan

Kita harus tahu apa yang diharapkan pelanggan dari tenaga penjual yang melayaninya . Kita harus mengetahui kualitas dari layanan karyawan terhadap konsumen, karena layanan berkualitas itu penting sehingga apabila perlu dan memungkinkan kita dapat menyediakan tenaga teknis pendukung atau tim suport. Begitu pentingnya kualitas layanan dalam pemasaran internet sehingga kita perlu terus mengevaluasinya. Kalau memang kualitas layanan masih kurang memadai maka kita perlu mempertimbangkan apakah perlu memberikan pelatihan terhadap staf kita. Kita harus dapat memastikan bahwa komunikasi dengan pelanggan telah terjalin secara baik agar konsumen dapat terpuaskan sehingga tetap loyal dengan produk atau layanan yang kita tawarkan kepada mereka.

Sikap

Mungkin kebanyakan orang menganggap remeh terhadap hal ini. Sikap yang kita tunjukan akan memberi pengaruh pada pelanggan kita bahkan melalui transaksi online, email, atau bentuk komunikasi lainnya sikap kita akan dinilai oleh pelanggan. Apakah kita dinilai responsif dan dapat membantu mereka? Apakah kita dinilai telah membalas email, komen, pertanyaan, atau telepon dengan cepat dan dengan memberikan informasi yang mereka inginkan? Kita harus memberikan kesan yang baik bagi para pelanggan kita bahkan dalam lingkungan online sekalipun.

Tutorial SEO: 7 Penempatan keyword web yang paling di indeks oleh Google

Beberapa upaya untuk sukses di pemasaran online.

sameyadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *