Internet Marketing sebagai sarana yang murah meriah untuk memasarkan Produk dan Jasa ke seluruh pelosok dunia

Internet digunakan sebagai sarana untuk pemasaran yang sangat efektif, murah, dan dapat menjangkau luar batas dari geografis wilayah. Di Indonesia sendiri pengguna internet sudah mencapai 82 juta orang (data kemkominfo, 2014).  Ini berarti potensi pasar internet sangat besar sekali.

pemasaran internet

Dahulu pemasaran mungkin terbatas pada wilayah geografis tertentu saja, sekarang seiring dengan berkembangnya teknologi internet pemasaran telah mampu mengubah batasan geografis dari pemasaran tradisional. Semua orang mampu memasarkan produk atau jasanya ke seluruh dunia tanpa dibatasi oleh wilayah geografis dengan modal biaya yang jauh lebih kecil dibandingkan cara pemasaran tradisional.

Sejak munculnya internet, masyarakat mendapatkan kemudahan dalam mengakses informasi. Begitu banyaknya informasi yang bertebaran di internet. Baik  itu tentang produk, informasi wilayah, pengetahuan umum, berita politik, berita ekonomi dan berbagai informasi lainnya. Dalam internet marketing konsumenlah yang lebih cenderung aktif dalam menggali berbagai informasi, sehingga menuntut perusahaan untuk aktif menyediakan berbagai informasi yang benar, transparan, kreatif dan menarik bagi konsumennya. Tidak sedikit kini perusahaan yang memanfaatkan internet sebagai media untuk mendidik dan mempengaruhi konsumennya melalui informasi yang ditebarkan di internet, tujuannya adalah untuk mendapatkan perhatian dari masyarakat luas yang berselancar di internet. Saat ini seiring dengan kemajuan teknologi internet maka internet marketing memiliki peranan yang penting dalam kesuksesan bisnis. Kampanye pemasaran dan Public Relation yang paling sukses adalah apabila orang-orang atau masyarakat dapat menemukan informasi tentang organisasi atau bisnisnya di internet. Banyak perusahaan yang kini menggantungkan strateginya pada media internet sebagai saluran pemasarannya, meskipun adakalanya dikombinasikan dengan strategi offline.

Internet marketing pada dasarnya adalah sama dengan tradisional marketing, mengharuskan Anda memahami tentang pelanggan dan pasar yang Anda masuki, tahu bagaimana cara mendapatkan pelanggan, tahu bagaimana cara berpromosi, cara beriklan dan menentukan harga terbaik, sehingga mampu menjual, dan mendistribusikan produk atau layanan tersebut kepada konsumen secara berkelanjutan.

Memanfaatkan Media Sosial untuk Pemasaran Internet

Dalam pemasaran tradisional anda memasarkan produk atau jasa melalui gerai atau toko, melalui pengiriman katalog, melalui telepon, melalui kunjungan sales, atau pun melalui surat penawaran. Dalam internet marketing anda hanya menggunakan saluran internet yang menghubungkan anda dengan seluruh pengguna internet di seluruh dunia. Ketika kita akan membangun sebuah toko offline, umumnya kita akan memilih lokasi yang paling dianggap paling strategis untuk produk atau jasa yang akan kita tawarkan ke konsumen, misalnya di dekat pemukiman masyarakat, di pusat keramaian, di sekitar area kampus, di pinggir jalan raya, dan area lainnya. Lalu bagaimana apabila toko kita tidak berada   di area strategis tersebut? tentunya kita akan gunakan cara lain yang intinya agar konsumen mengetahui keberadaan toko kita, misalnya melalui pengiriman brosur, melalui iklan radio, iklan koran, spanduk, dan cara kreatif lainnya. Dalam pemasaran online pun sama, kita dituntut untuk mendatangkan banyak trafik pengunjung ke website milik kita, yaitu melalui optimasi search enginge seperti google, bing dan yahoo. Cara lain yang dianggap efektif dalam mendatangkan pengunjung ke website adalah melalui iklan online misal dengan menggunakan google adwords. Atau kita dapat memanfaatkan berbagai media sosial  yang banyak dikunjungi orang seperti facebook, twitter, youtube, Path, dan lainnya untuk menjumpai para konsumen. Menurut data  dari kemkominfo lebih dari 90 % pengguna internet di Indonesia menggunakan internet untuk mengakses media sosial seperti facebook dan twitter. Diperkirakan sebanyak 65 juta orang di Indonesia memiliki akun facebook, dan ada 33 juta orang  yang menggunakan facebook per harinya. Pengguna twitter di Indonesia diperkirakan sekitar 19,5 juta orang, Line sekitar 10 juta pengguna, dan Path sekitar 700 ribu orang. Sehingga media sosial bisa menjadi pasar potensial yang harus di garap secara optimal untuk memasarkan produk atau jasa. Dalam media sosial kita dapat melakukan berbagai promosi produk atau jasa ke banyak pengunjung yang ada media sosial tersebut, baik lokal atau pun  pengunjung yang berda diseluruh dunia. Kita juga dapat menggunakan layanan iklan online berbayar  yang biasanya disediakan oleh pihak pengelola media sosial tersebut seperti facebook atau twitter untuk mempromosikan produk kita ke seluruh pengunjung media sosial yang banyak. Berbeda dengan program iklan berbayar yang dapat menjangkau luas semua pengunjung yang sedang online baik lokal maupun di seluruh dunia, program promosi produk melalui media sosial tanpa menggunakan program iklan berbayar hanya dapat menjangkau pengunjung yang berada dalam lingkaran kita saja.

Lihat Artikel Berikut Yang terkait dengan Internet Marketing:

Tutorial SEO: Mengoptimalkan kata kunci (keyword) website agar web dikunjungi banyak pengunjung internet

Beberapa upaya yang menunjang kesuksesan pemasaran online.

Apa Definisi dari Marketing menurut para pakar?

Produk seperti apa saja yang dapat kita pasarkan?

Memahami produk yang akan kita jual merupakan langkah awal untuk sukses dalam internet marketing

sameyadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *