Unsur produk yang menunjang kesuksesan online marketing

Bauran pemasaran pertama yang dianggap penting untuk menunjang kesuksesan bisnis anda adalah “Produk” yang akan di tawarkan kepada konsumen. Untuk mengoptmalkan kesuksesan dalam pemasaran produk khususnya dalam internet marketing maka ada beberapa hal yang perlu anda pertimbangan ketika akan menjual produk tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut:


• Fungsi

Apa fungsi dari produk tersebut? Tentunya sebuah produk dibuat, karena untuk menjadi solusi dari suatu permasalahan tertentu. Anda harus mampu menangkp permasalahan dari konsumen kemudian anda tawarkan produk tersebut sebagai suatu solusi bagi permasalan konsumennya. Fungsi dari sebuah produk seringkali termuat dalam daftar fitur dari produk tersebut. Anda harus mampu mendiskripsikannya secara jelas sehingga konsumen mampu memahami fungsi dari produk yang anda jual. Karena hal tersebut bisa menjadi dasar yang menjadi keputusan konsumen untuk bersedia membeli produk anda tersebut. Dalam bisnis online, website Anda sendiri merupakan bagian dari penawaran dari produk Anda. Sehingga anda perlu membuat web anda agar mudah digunakan dan menarik bagi konsumen. Buatlah suatu navigasi untuk memudahkan pelanggan mencari berbagai informasi yang mereka perlukan. Jika pelanggan tidak dapat menemukan apa yang mereka butuhkan di website Anda, mereka lebih cenderung mengklik ke situs pesaing daripada menghubungi Anda dan meminta bantuan kepada anda.

Penampilan

Apakah Anda akan membuat produk anda terlihat modern,canggih, kuno, klasik, Sederhana, atau terlihat biasa saja? Semuanya tergantung dari segment konsumen seperti apa yang ingin anda layani. Anda harus menarik konsumen yang Anda harapkan untuk mau membeli produk atau jasa Anda tersebut, sehingga anda perlu memperhatikan penampilan dari produk terutama tampilan dari kemasannya, karena tampilan kemasan memiliki arti penting penting dalam menyampaikan pesan yang ingin Anda kirim ke masyarakat konsumen. Sekali lagi, penampilan website adalah sesuatu hal yang sangat penting, karena berkaitan dengan pencitraan dari produk, jasa atau perusahaan anda dimata konsumen.

Kualitas

Kualitas produk atau jasa harus sesuai dengan pesan yang telah Anda komunikasikan kepada pelanggan Anda. Jika Anda menjanjikan kesan mewah dalam produk, namun ternyata produk tersebut memiliki kualitas yang buruk, maka reputasi Anda akan hancur. Konsumen tidak akan percaya lagi dengan bisnis anda. Maka itu Kualitas harus sesuai dengan apa yang telah anda deskripsikan dan akan lebih baik lagi apabila melebihi dari apa yang Anda janjikan kepada pelanggan anda. Beberapa hal yang dapat menunjang persepsi kualitas diantaranya adalah penampilan website, pemenuhan pesanan secara tepat waktu, tindak lanjut email, informasi elektronik atau interaksi online lainnya dengan pelanggan, semuanya harus di tangani secara serius dan berkualitas.

Merek

Apakah produk yang anda tawarkan di saluran pemasaran internet adalah sebuah merek baru? Atau Apakah produk lama namun telah diperbaharui? Lalu Bagaimana Anda membuat hubungan antara yang baru dengan produk yang lama? Atau bagaimana Anda menjadi yakin bahwa merek baru telah cukup berbeda dengan merek lama sehingga konsumen mengerti dan mengakui produki tersebut memang telah di perbaharui? Apakah ada nama baru, warna baru, gaya baru? Fitur baru? Jika merek Anda sendiri tidak jelas bagi Anda, tentunya akan tidak jelas juga bagi pelanggan. Website Anda dan setiap upaya pemasaran Internet yang Anda lakukan, harus mampu memperkuat citra merek dan melengkapi informasi dari produk tersebut.

Garansi

Garansi merupakan jaminan dari kualitas. Konsumen perlu merasa aman dan nyaman dalam bertransaksi, sehingga dengan adanya garansi mereka akan lebih merasa aman, terutama dalam transaksi online yang dianggap masih kurang aman oleh sebagian besar masyarakat. Garansi merupakan suatu kesungguhan anda dalam menjamin kualitas. Dengan adanya garansi konsumen menjadi tidak ragu untuk melakukan pembelian. Hanya saja dengan adanya garansi maka anda perlu mengalokasikan biaya tertentu. Selain itu anda harus berhati hati dalam mengkomunikasikan garansi pada konsumen, karena bisa saja konsumen menganggap produk anda memiliki kualitas yang rendah dengan adanya garansi terutama garansi yang memiliki jangka waktu yang pendek.

Bagaimana Anda merancang garansi tergantung pada pesan apa yang ingin disampaikan kepada pelanggan Anda. Di zaman di mana begitu banyak bisnis dilakukan secara online, garansi yang efektif mungkin mendorong pelanggan untuk memilih produk atau jasa Anda, ketimbang situs kompetitor yang tidak ada jaminan garansinya.

Layanan Pendukung

Hal ini berguna untuk membantu pelanggan anda yang mengalami kesulitan. Meskipun kita sudah merancang sedemikian rupa website kita, agar mudah digunakan pelanggan, namun adakalanya pelanggan akan menemui permasalahan dengan produk, sehingga Anda harus selalu siap untuk membantu permasalahan mereka, dengan menyediakan tim support. Anda dapat mencantumkan email kontak, nomor telepon ataupun chatting secara live.

Faktor yang mempengaruhi kekuatan website untuk dimunculkan oleh search engine?

Pepatah menyebutkan pelanggan yang puas akan menceritakan pengalamannya kepada orang-orang terdekatnya, demikian juga dengan pelanggan yang tidak puas akan menceritakannya kepada orang banyak. Tingkat layanan atau dukungan yang Anda tawarkan bisa menjadi parameter untuk mengetahui apakah pelanggan anda cukup puas. Bahkan saat ini, di mana dengan adanya forum, blog, video dan bentuk lain , keluhan konsumen sangat mudah menjangkau luas khalayak masyarakat. Di sisi lain, ulasan positif mengenai produk Anda dari konsumen yang puas akan membantu mengkomunikasikan atau mempromosikan produk tersebut dan juga mencitrakan perusahaan Anda sehingga akan membuka peluang baru untuk mendapatkan pelanggan-pelanggan lainnya yang potensial bagi bisnis anda.

Tutorial SEO: Pengaruh kata kunci keyword terhadap jumlah pengunjung Web

sameyadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *