Menerapkan Bauran Pemasaran Pada Internet Marketing

Salah satu konsep dari strategi pemasaran yang terkenal adalah tentang bauran pemasaran (marketing mix). Bauran pemasaran merujuk pada jenis keputusan yang dibuat ketika Anda akan memasarkan produk atau layanan Anda kepada konsumen. Bauran Pemasaran berlaku juga dalam pemasaran internet, meskipun keputusan yang Anda buat dalam internet marketing mungkin berbeda dengan tradisonal marketing.

Berikut adalah beberapa bauran pemasaran (5P): Produk, People, Price, Promosi dan Place (Tempat) yang juga masih berlaku di Internet Marketing

• Produk

Produk fisik atau layanan yang Anda tawarkan kepada konsumen. Anda akan memutuskan apa yang akan anda jual atau tawarkan kepada konsumen, bagaimana kemasannya, layanan apa yang perlu anda buat untuk mensuport produk tersebut, dan jaminan atau aspek lain apa dari produk tersebut yang akan anda tambahkan. Anda mungkin menawarkan produk atau layanan yang sama dengan produk/layanan dari puluhan, ratusan, atau bahkan ribuan situs-situs lain, meskipun sama yang penting anda harus mampu membedakan diri dari produk atau layanan situs-situs pesaing tersebut agar produk atau layanan anda memiliki nilai lebih di pelanggan anda.


• People/ Sumber Daya manusia (SDM)

Yang dimaksud dengan SDM adalah orang-orang yang terlibat dalam kegiatan usaha yang anda jalankan mulai dari karyawan , perwakilan perusahaan yang melayani pelanggan dan orang yang berinteraksi secara langsung dengan pelanggan Anda. Bagaimana sikap mereka terhadap pelanggan? Bagaimana Anda memastikan bahwa mereka telah memiliki informasi yang memadai yang dibutuhkan untuk membantu dan melayani pelanggan? Bagaimana Anda menerapkan strategi layanan kepada pelanggan Anda saat ini ke dalam strategi Internet Anda? Apakah Anda akan menggunakan live support untuk pelanggan online? Atau kah cukup menggunakan layanan FAQ dan kontak email saja?


• Price (Harga)

Keputusan tentang harga dapat dibuat berdasarkan 3 kriteria yaitu berdasarkan margin keuntungan, harga pesaing, dan tingkat permintaan di pasar. Anda juga harus membuat keputusan tentang kapan saat untuk menawarkan diskon, dan juga perlu anda putuskan apakah Anda akan menambahkan biaya tambahan untuk layanan pengiriman. Di pasar Internet, umumnya harga memang menjadi faktor kunci dalam memenangkan persaingan bisnis tetapi anda juga perlu memikirkan tentang apakah perlu membebankan biaya pengiriman atau biaya lainnya yang mungkin perlu dibayarkan oleh pelanggan.

• Promosi

Seperti dijelaskan sebelumnya, keputusan promosi perlu dibuat karena berkaitan dengan bagaimana Anda akan berkomunikasi dan menjual kepada pelanggan potensial Anda. Anda harus memutuskan promosi apa yang perlu dilakukan agar biaya yang telah anda keluarkan untuk promosi menjadi tidak sia-sia dan sepadan dengan nilai investasi yang telah anda keluarkan. Jika tidak dilakukan dengan hati-hati, Anda bisa dengan mudah menghabiskan banyak biaya pada kegiatan promosi yang tidak memberikan pengembalian atas investasi yang telah anda lakukan. Contoh program iklan dalam internet marketing misalnya adalah program PPC (iklan Bayar-per-klik ) jika ternyata program tersebut tidak menghasilkan peningkatan dalam penjualan, maka anda harus mengevaluasinya agar tidak menghabiskan banyak uang untuk hasil yang tidak seberapa.

Place – Juga kadang-kadang disebut distribusi, keputusan ini tentang bagaimana Anda akan mendistribusikan produk atau layanan kepada pelanggan. Apakah Anda memiliki sebuah toko di samping situs web Anda? Apakah Anda akan menjual barang milik sendiri atau akan Anda hanya menjual produk orang lain untuk konsumen anda (pemasaran afiliate)? Apakah Anda menawarkan pengiriman produk atau hanya menggunakan situs Anda sebagai alat untuk mendorong pelanggan untuk datang ke toko anda?

Beberapa upaya yang dilakukan untuk menunjang kesuksesan dari pemasaran online.

Yang diperlukan untuk melayani konsumen secara online agar konsumen tersebut puas terhadap produk atau layanan dari website kita

sameyadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *