Tutorial SEO: 7 Penempatan keyword web yang paling di indeks oleh Google

Begitu kita menentukan kata kunci (keyword) yang akan digunakan, maka kita perlu untuk menempatkan kata kunci (keyword) dalam posisi yang paling strategis di website milik kita sehingga mesin pencari akan menjemput keyword tersebut. Namun, jika kita dapat memunculkan keyword tersebut beberapa kali dalam website, maka kemungkinan mesin pencari akan dapat memahami bahwa situs kita tersebut memang terkait dengan konten dari kata kunci tersebut.

Ada beberapa tempat pada halaman web kita dan situs web di mana kita dapat menempatkan kata kunci, sehingga mesin pencari akan menemukan situs milik kita ketika seseorang mencari suatu informasi seperti yang terkandung dalam konten website milik kita. Tujuan penempatan keyword ini adalah untuk mempengaruhi mesin pencari untuk memperingkat situs milik kita. Beberapa tempat tersebut adalah:

1. Meta tag

Halaman web yang dibangun menggunakan Hyper Text Markup Language (HTML), yang penuh dengan perintah yang berbeda yang mengeksekusi apa yang kita lihat ketika kita memuat halaman dalam browser web. Ketika merancang halaman web, kita harus dapat memastikan bahwa kata kunci yang digunakan termuat dalam meta tag, <META> tag. Tag ini berada pada setiap halaman mendefinisikan tanggal, tujuan, nama penulis dan deskripsi dari sebuah situs web. Mesin pencari membaca informasi ini dan menggunakannya untuk membantu “katalog” situs web milik kita dibandingkan dengan situs web milik orang lain.

Kita juga dapat membuat <META> tag yang khusus untuk setiap halaman yang ada di situs Web milik kita. Tag pada setiap halaman dapat mengandung kata kunci yang berbeda namun masih harus tetap berhubungan dengan situs tersebut. Misalnya, situs kita mengandung keyword “makanan hewan” sebagai <META> tag, tapi kita juga mungkin memiliki halaman web tentang produk dengan <META> tag “makanan kucing” dan lainnya, misal dengan <META> tag “suplemen kucing”.

2. ALT Tag

HTML untuk situs mencakup <ALT> tag yang digunakan oleh browser untuk menggambarkan sebuah gambar jika gambar tidak bisa berhasil dimuat. Namun, kita dapat menggunakan ALT Tag ini untuk tujuan yang strategis yaitu memberikan tambahan informasi kepada mesin pencari tentang isi dari website. Sebagai contoh, jika pada website tentang makanan hewan memiliki gambar di halaman utama nya misal dengan gambar Kucing yang sedang makan dan tersenyum bahagia, kita dapat menggunakan <ALT> tag untuk menggambarkannya sebagai “makanan kucing yang bergizi” atau, jika itu adalah gambaran dari hewannya, kita dapat menggambarkannya sebagai “Kucing sehat karena makanannya yang berkualitas.”

3. Judul halaman Web

Gunakan ruang judul halaman untuk membuat judul untuk halaman yang mencakup kata kunci utama untuk halaman. Mesin pencari akan melihat dan menggunakan informasi ini juga. Jangan meninggalkan ruang berharga ini kosong dan tidak mengisinya dengan informasi yang tidak jelas seperti “Selamat Datang di Situs Kami,” atau informasi generik lainnya.

4. Text Link

Jika kita Anda membuat link di situs milik kita , apakah ke lokasi lain di situs tersebut atau situs lain, teks yang “diklik” adalah cara lain untuk memasukkan kata kunci yang dapat berguna untuk mesin pencari. Link teks sangat tertimbang oleh bot pencarian, jadi pastikan kita dapat menggunakan alat ini dengan tepat.

5. Page heading

Search engine akan memindai halaman web kita. Jadi, pastikan bahwa judul pada halaman juga sesuai dengan kata kunci utama. Jangan takut untuk menjadi kan judul halaman menjadi lebih spesifik untuk produk atau konten pada halaman web milik kita.

6. Nama Halaman

Setiap halaman web memiliki nama file yang digunakan untuk mengidentifikasi halaman tersebut, atau file, pada server web. Meskipun akhir dari nama file harus baik htm atau html, Kita dapat membuat sisa nama halaman sehingga termasuk kata kunci juga. Misalnya, jika kita memiliki halaman pesanan, bukannya menyebutnya order.htm, tapi kita dapat menamainya dengan memesan-makanan hewan berkualitas-supplements.htm. Atau, jika kita memiliki halaman pesanan khusus untuk produk, kita dapat menamainya dengan dengan nama produk seperti “metabolism.supplement.order.htm.”

7. Kalimat Pertama

Kalimat pertama dari website adalah penting baik untuk pengunjung manusia maupun bot mesin pencari. Tidak semua mesin pencari akan meninjau seluruh teks pada halaman web, jadi kita harus dapat menyediakan informasi utama pada paragraf pertama dari halaman website. Pastikan bahwa kalimat pertama dari halaman web mengandung kata kunci untuk halaman tersebut dan bisa memberikan gambaran yang jelas atau ringkasan informasi yang lengkap pada halaman tersebut.

Tutorial SEO: Mengoptimalkan kata kunci (keyword) website agar web dikunjungi banyak pengunjung internet

Bagaimana cara pengunjung internet mendatangi suatu website ?

sameyadi

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *