Tutorial SEO: Pengaruh kata kunci keyword terhadap jumlah pengunjung Web

Search Engine Optimization (SEO) telah menjadi faktor kunci dalam internet marketing. Karena, SEO memiliki peran penting yang berpengaruh besar pada kesuksesan traffic/ lalu lintas pengunjung untuk dapat berkunjung ke website milik kita. Bahkan ada perusahaan yang menawarkan layanan jasa untuk membantu para pemilik website untuk mengoptimalkan situs mereka agar dapat diindeks baik oleh mesin pencari.

Prinsip dasar dari pengoptimalan dari search engine adalah melalui pengelolaan keyword yang sesuai. Suatu website diindeks secara baik oleh mesin pencari karena mengandung keyword-keyword. Para pengunjung internet umumnya menggunakan internet untuk mencari suatu informasi tertentu yang ada di internet. Mereka mengetikan suatu kata kunci di mesin pencari seperti google, kata kunci yang mereka tulis tersebut mewakili informasi yang sedang mereka cari di internet. Kemudian mesin pencari akan menampilkan daftar website yang mengandung keyword atau kata kunci tersebut dengan mengurutkannya berdasarkan rangking yang dibuat oleh mesin pencari. Apabila website kita berada di urutan awal dari daftar website yang ditampilkan oleh search engine maka website kita tersebut berpeluang besar untuk dikunjungi oleh pengunjung internet, sehingga website kita akan memiliki lalu lintas pengunjung yang banyak. Setiap strategi pemasaran yang kita buat memang harus dirancang untuk mengarahkan lalu lintas pengunjung ke website milik kita, sehingga dengan besarnya lalu lintas pengunjung akan meningkatkan peluang terjadinya penjualan dari produk yang kita tawarkan pada konsumen.

Untuk alasan itulah maka agar website kita dapat dindeks dan di rangking baik oleh mesin pencari maka kta harus mampu mengoptimalkan kata kunci (keyword) yang ada di dalam konten website milik kita.

Mengoptimalkan Kata Kunci (keyword)

Kata kunci adalah kata atau istilah dimana orang mencari suatu informasi tertentu dari internet melalui search engine seperti google. Orang mungkin mencarinya melalui mesin pencari, selanjutnya mesin pencari akan menampilkan daftar website-website yang mengandung kata kunci tersebut, merangking website-website tersebut dan mengurutkannya dimulai dari yang memiliki rangking terbaik menurut mesin pencari dalam halaman halaman. Website yang mendapat penilaian baik dari search engine akan diurutkan di halaman awal.

Upaya untuk mengoptimalkan kata kunci web site ini menjadi lebih menantang karena begitu banyak pemilik website lain pun akan mencoba untuk melakukan hal yang sama. Untuk memenangkan persaingan tersebut, banyak cara dapat dilakukan namun salah satu yang dianggap paling instant untuk menjadikan website kita berada di halaman pertama halaman pencarian search engine adalah dengan membayar iklan online.

Menentukan Kata Kunci yang sesuai

Menggunakan kata kunci dalam konten website pun harus logis. Misalnya jika website kita tentang penjualan makanan hewan, maka tentunya kita akan menggunakan kata kunci yang relevan dengan “makanan hewan”, misalnya kita dapat menggunakan keyword “makanan kucing”, “makanan hewan peliharaan”, “makanan burung”, makanan ikan hias”, “makanan anjing”, “ suplemen untuk kucing”, “makanan bergizi untuk hewan pelihraan”, dan lain-lain.

Kita tidak perlu memiliki terlalu banyak kata kunci, yang penting kata kunci tersebut relevan dengan konten website miliki kita. Kita harus fokus pada membuat setiap halaman di situs Web relevan dengan satu atau dua kata kunci yang berbeda, lalu kita dapat memperkaya kata kunci tersebut namun diupayakan tetap berfokus pada kata kunci yang telah kita pilih tersebut. Selain itu kita dapat menggunakan strategi Kata kunci dengan frase yang lebih lengkap, misalnya “ tempat jual makanan hewan berkualitas di surabaya yang murah”. Kita dapat menggunakan keyword yang memiliki kombinasi frase yang lebih spesifik tersebut selama kita yakin bahwa akan ada orang yang mencari informasi tersebut, meskipun jumlahnya sedikit. Namun kita akan memenangkan persaingan keyword apabila ternyata ada orang yang memang menuliskan kombinasi keyword tersebut di mesin pencari.

Untuk mengetahui berapa jumlah rata-rata per bulan tentang suatu kategori keyword di cari oleh para pengunjung internet kita dapat menggunakan berbagai tool gratis yang telah tersedia, secara online. Ada beberapa sumber informasi gratis di internet yang akan membantu kita untuk memilih kata kunci yang akan kita gunakan dalam website milik kita. Misalnya, Google AdWords memiliki alat kata kunci yang bebas biaya alias gratis, sedangkan situs lain mungkin membebankan sedikit biaya.

Mengoptimalkan keyword

Dalam aplikasi Google Adwords, kita dapat menggunakan alat keyword analisis dengan memasukkan suatu kata kunci (keyword), seperti misalnya “berat badan” dan sistem akan menghasilkan daftar kata kunci terkait keyword tersebut. Di situ juga kita akan mendapatkan informasi tambahan, seperti:

• Tingkat kompetisi penggunaan kata kunci tersebut

• Jumlah pencarian bulanan rata-rata yang menggunakan kata kunci tersebut

Jadi, misalnya, jika kita menempatkan keyword “makanan hewan” ke dalam perangkat kata kunci Google keyword planner tersebut, menurut analisis dari google ada rata-rata sekitar 240 orang per bulannya yang menuliskan kata “makanan hewan” di mesin pencarian google. Ternyata jumlahnya memang tidak banyak dan kompetisinya pun masih rendah.

Tutorial SEO: 7 Penempatan keyword agar web di indeks oleh Google

Yang diperlukan untuk melayani konsumen online agar puas terhadap produk atau layanan kita

sameyadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *