Mengenal peluang usaha di bidang travel dan ticketing serta bagaima cara mudah untuk memulainya

Seiring dengan laju pertumbuhan penerbangan di Indonesia yang terus meningkat, jumlah pembelian tiket pesawat pun meningkat pesat, baik secara online maupun melalui Gerai Agen Travel. Menurut data dari IATA (International Airport Transportation Association) pada tahun 2010 – 2014 pertumbuhannya sudah mencapai 10 % per tahun.  Angka 10% ini merupakan angka yang besar bagi pertumbuhan bisnis di Indonesia. Pertumbuhan bisnis penerbangan ini berdampak pada menjamurnya bisnis ticketing di Indonesia. Pertumbuhan bisnis ticketing yang terus meningkat ini pun ternyata saling berkaitan dengan bisnis pariwisata di Indonesia terutama pada bidang perhotelan. Apalagi pemerintah sekarang telah menjadikan industry pariwisata sebagai salah satu program prioritas. Meskipun pertumbuhan ekonomi makro belum begitu stabil, namun faktanya tingkat pertumbuhan wisatatawan di Indonesia naik cukup signifikan. Menurut data dari phocuswrigt dan expedia, jumlah nilai reservasi hotel melalui reservasi online saja sudah mencapai 2 triliyun per tahun pada tahun 2015.

Fakta yang cukup mengejutkan bahwa ternyata penjualan tiket melalui system konvensial masih mendominasi penjualan tiket pesawat, padahal dengan pesatnya teknologi internet mestinya akan mengubah perilaku masyarakat Indonesia dalam pembelian tiket pesawat dan kereta melalui system online. Namun ternyata bagi sebagian besar masyarakat masih merasa nyaman untuk melakukan pembelian secara offline baik melalui agen travel resmi atau pun melalui kenalannya yang memiliki usaha di bidang travel. Diperkirakan 60% konsumen Indonesia masih mengandalkan pembelian melalui biro atau agen travel. Penjualan tiket online ternyata masih dikisaran 30-40% saja. Bahkan menurut Hans Nugroho, Commercial Project Director Citilink Indonesia, pembelian tiket pesawat melalui online hanya 25-30 persen, 65 persen melalui travel agent, dan lima persen melalui call center. Perilaku pembelian tiket pesawat oleh konsumen di Indonesia yang masih mengandalkan gerai agen mungkin di sebabkan karena pembelian melalui agen lebih dipercaya karena kejelasan tempat dan penjualnya.

Berdasarkan informasi tersebut, peluang bisnis keagenan ticketing khususnya pesawat masih tinggi dan potensial, karena jumlah penumpang yang semakin meningkat pesat. Bahkan beberapa perusahaan ada yang khusus  menawarkan kemitraan bisnis di bidang jasa system reservasi ticketing online kepada masyarakat yang berminat untuk membuka usaha ticketing travel. Untuk mendaftar sebagai agen/mitra bisnis biasanya akan dikenai biaya registrasi dan  atau biaya bulanan yang besarnya bervariasi. Namun ada juga yang menawarkan keagenannya/kemitaraan secara gratis namun tetap berkualitas, salah satunya adalah www.exprestiket.com. Selain layanan tiket pesawat dan kereta api sebagai bisnis utamanya, exprestiket juga menawarkan layanan reservasi hotel, isi pulsa, ppob, paket umroh, tiket bioskop, pembayaran multifinance, bpjs dan lainnya. Bisnis ini pun dapat di gabung dengan bisnis anda yang sudah ada bahkan bisnis yang juga ada di layanan exprestiket, misalnya bagi anda yang sudah punya konter pulsa anda dapat juga menambah layanan ticketing pesawat dengan cara mendaftar agen di exprestiket. Anda cukup menggunakan layanan tiketignya saja karena sudah menjalankan bisnis pulsanya. Bagi anda yang berminat untuk membuka usaha di bidang travel dengan menjadi agen travel exprestiket, anda bisa melakukan pendaftaran di website resmi exprestiket yaitu www.exprestiket.com menu Pendaftaran. Setelah menjadi agen anda bisa melakukan transaksi jual beli dan mulai mencari profit melalui penjualan berbagai produk yang tersedia di exprestiket melalui website www.exprestiket.com, https://transaksi.klikmbc.co.id atau pun dengan aplikasi Loket yang bisa anda install di HP anda yang dapat anda download di google playstore. Apabila anda menggunakan layanan exprestiket ini untuk tujuan selain bisnis misalnya hanya untuk keperluan sendiri itu, baik itu untuk pembelian tiket dan reservasi hotel, pembayaran rutin bulanan anda, atau pun untuk isi ulang pulsa masih tetap akan menguntungkan karena harganya akan menjadi lebih murah.

sameyadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *